Selasa, 21 April 2015

Membuat Lirik Lagu

Sebuah lagu yang tercipta oleh seorang musisi hebat pasti akan didengar sangat indah. Namun, tahukah kalian rahasia di balik itu ? Seorang pencipta lagu bisa menciptakan lagu dimanapun dia berada, dalam kondisi dan situasi  apapun. Mereka mengunakan hati dan perasaan mereka untuk merasakan apa yang sedang mereka  rasakan, perasaan sedih, hampa, marah, kecewa, senang, atau bahagia dan lain-lain. Perasaan  itulah yang akan menjadi warna dari lagu ciptaan mereka, dan dengan satu atau beberapa nada awal  saja yang menggambarkan perasaan mereka saat itu, maka terciptalah cikal bakal sebuah lagu. Mereka mewujudkan perasaan yang sedang mereka rasakan dengan menyusun, merangkai nada  demi nada dengan cita rasa seni yang mereka miliki.


Berikut ini adalah beberapa hal yang harus disiapkan sebelum menciptakan sebuah lagu :

1.  Siapkan nadanya
Hal pertama yang membuat musik terasa enak didengar adalah nadanya. Seperti nada piano, gitar, drum, dan penggabungan dari alat musik tersebut. Bagaimana cara membuat nada ? Gampang saja. Mungkin di saat senggang, kamu sering bersiul ataupun bergumam. Di saat itulah kamu terkadang menemukan nada. Dan saat itu juga, kamu harus mengingat nada yang sudah kamu buat itu. Caranya ? Ya direkam, dong.

2.  Siapkan liriknya
Hal kedua yang membuat musik terasa enak didengar adalah liriknya. Jika pendengar yang tidak hanya merasakan nadanya, dalam artian juga ikut menghafal liriknya pasti akan menghayati lagu tersebut. Karena mereka merasakan bahwa lirik lagu tersebut sangat memiliki arti yang dalam. Bagaimana cara membuat lirik yang indah ? Lirik lagu kebanyakan berasal dari sebuah puisi yang diubah menjadi lagu setelah ditambah nada. Jadi, kamu bisa membuat lirik dengan membuat puisi terlebih dahulu. Dan kalau kamu bisa, kamu bisa menambahkan lirik-lirik yang memiliki makna tersirat atau juga berupa majas untuk menambah kesan terhadap lirik lagu yang kamu buat.

3.  Nyanyikan lirik tersebut
Langkah ketiga adalah dengan menyanyikan lirik yang sudah kamu buat. Setelah membuat lirik, kamu bisa menggabungkan nada dan lirik yang sudah kamu buat. Jika menurut kamu sudah terasa enak didengar, kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

4.  Iringi dengan alat musik
Selanjutnya, kamu bisa menciptakan chord dari lirik lagu yang sudah kamu buat. Ada dua pilihan, yaitu kamu bisa menggunakan gitar atau piano. Proses ini bisa dibilang paling lama dari langkah sebelumnya. Karena kamu harus mencoba satu-satu chord yang bisa menghasilkan nada yang indah bagi lagumu.

 5. Rekam nyanyianmu
       Terakhir, kamu bisa merekam lagu yang sudah kamu buat. Namun jika kamu tidak
       membawakan lagumu sendirian atau dalam artian kamu membentuk suatu grup
       band, maka kamu masih harus menyesuaikan nada dengan alat musik yang lain
       sebelum bisa melanjutkan ke proses ini. Ada dua pilihan           untuk proses rekaman 
       lagu ini, yaitu indie dan berlabel. Indie berarti kamu merekam lagu ini secara
       sendirian. Sedangkan berlabel berarti kamu tidak perlu memikirkan proses
       rekaman. Karena kamu hanya menyanyikannya saja, dan pihak label studio yang 
       mengurus rekaman lagumu. Kalau dilihat dari segi keuntungan, maka label studio
       lebih menguntungkan bagimu. Karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk
       proses rekaman. Dan kesempatanmu untuk terkenal lebih besar karena pihak label
       biasanya sudah mengatur jadwal manggung untukmu. Namun jangan salah,
       banyak juga kok musisi indie yang terkenal. Jadi, kamu bisa memikirkannya mulai
       dari sekarang.

Jreng...jadi deh. Kamu sudah berhasil membuat sebuah lagu ciptaanmu sendiri dan bisa kamu nikmati sendiri lagu tersebut setiap saat atau berbagi dengan orang-orang terdekatmu. Kalau anda ingin lagu anda menjadi bagus maka lagu tersebut harus dinyanyikan oleh orang yang cocok dan profesional membawakanya, diiringi dengan pemain musik yang profesional dan direkam dengan alat perekam yang berkualitas.

Berikut ini adalah contoh video proses rekaman sebuah lagu. Di simak ya !




Tidak ada komentar:

Posting Komentar